Malang– Gebyar Asrama (GEMA) merupakan kegiatan unjuk kreativitas antar warga asrama serta aksi peduli terhadap sesama. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan warga dalam bidang akademik dan non-akademik. Terdapat serangkaian sub-acara di dalam kegiatan insidental ini—asrama festival, donor darah, bakti sosial, dan acara puncak. Acara ini sukses dilaksanakan selama tiga pekan berturut-turut pada tanggal 22-24, 26, 30-31 Maret, dan 3 April 2019 dengan tema “Semangat Berkarya dan Aksi Nyata dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Cerdas, Kreatif, dan Peduli Sesama”.

Pada pekan pertama yang merupakan pekan asrama festival, Drs. Suharmanto, M.Pd. selaku Kepala Sub Divisi Asrama Kampus Induk, secara resmi membuka kegiatan ini dengan menerbangkan 2 ekor burung merpati putih (22/3). Setelah pembukaan, warga asrama benar-benar beradu kreativitas dalam berbagai jenis perlombaan seperti Cerdas Cermat Umum (CCU), Kaligrafi, Asrama Mencari Bakat, Photo Contest, dan Futsal. Tampak antusias warga dalam mengikuti setiap perlombaan tersebut dengan mendelegasikan perwakilan terbaik setiap RT.

Berbeda dengan asrama festival yang dikhususkan untuk warga asrama, kegiatan donor darah terbuka untuk umum (26/3). Dalam acara ini, tentu asrama bekerja sama dengan pihak PMI Malang untuk menyelenggarakan donor darah. Tampak antusias civitas academica UM ramai berdatangan ke Asrama Putri UM untuk melakukan donor darah.

Sedangkan bakti sosial yang merupakan ajang peduli sesama yang dilaksanakan pada pekan kedua di Desa Wiyurejo, Kec. Pujon, Malang (30-31/3), juga terdapat beberapa sub-acara seperti asrama mengajar dan mengaji, pembagian sembako gratis, penjualan baju layak pakai, pengobatan gratis, seminar oleh ACT Malang, dan kerja bakti. Warga desa Wiyurejo terlihat sangat hangat dalam menyambut kedatangan warga asrama di desa Wiyurejo.

Pekan ketiga (3/4) merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Gebyar Asrama (GEMA) UM 2019. Gebyar puncak ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) FIP UM. Dibuka dengan Asrama Fashion Show dengan satu delegasi terbaik setiap RT untuk menjadi model dan dilanjut dengan pemberian hadiah di setiap kategori lomba. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan band yang mampu memberi semangat kembali kepada seluruh warga asrama dan juga penampilan pemenang Asrama Mencari Bakat (AMB). Acara ini ditutup dengan penampilan dari demisioner angkatan 2016.

“Alhamdulillah acara GEMA ini sukses terlaksana, terlihat dari antusias warga asrama yang mengikuti setiap perlombaan dan sub-acara lainnya serta ucapan terima kasih yang mendalam dari warga desa Wiyurejo. Harapan kedepannya, semoga acara tahunan asrama menjadi lebih baik lagi dan warga asrama tetap menjaga tali silaturahmi antar sesama, serta asrama mampu menyelenggarakan kegiatan bermasyarakat yang terus bermanfaat”, ungkap ketua pelaksana GEMA UM 2019, Al Karomah Sihafuddin.

Categories: Kegiatan