Asrama Mahasiswa UM Gelar Dialog Interaktif “Warga Asrama Berwirausaha”

POST WEB ASRAMA

Malang- Minggu (12/2) sebanyak 300 warga Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang hadir dalam dialog interaktif. Acara yang bertajuk Wirausahawan Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing di Era Ekonomi Global, ini berhasil menyita perhatian semua warga.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Sosial lantai 7. Acara dimulai pada pukul 7.15 WIB hingga pukul 1 siang. Dialog interaktif ini menggandeng tiga pengusaha keren, yang terbukti mampu membius seluruh warga. Antusiasme tersebut terlihat betapa komunikatifnya warga ketika materi disajikan.

Dialog interaktif dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan, dan Mars Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Materi pertama dibawakan oleh salah satu dosen teknik mesin UM yang sudah terkenal dengan kesuksesannya dalam berwirausaha, beliau adalah Bapak Drs. Suharmanto, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa menjadi seorang wirausahawan wajib berani mengambil segala resiko.

“Kegagalan saya sudah saya habiskan di awal masa muda saya, sekarang tinggal menikmati manis buahnya,” ungkap Bapak Suharmanto.

Setelah 90 menit materi pertama diulas, ada yang tak kalah menyita perhatian warga. Penampilan unjuk bakat dari setiap RW-pun semakin membuat acara dialog interaktif berwarna. Selain unjuk bakat, kreativitas mereka juga diasah melalui lomba Dalang 2017. Lomba Dalang ini adalah lomba daur ulang yang diadakan oleh Sie Keterampilan Asrama UM.

Pukul 11 siang materi kedua, yaitu materi berkenaan dengan Motivasi Berwirausaha disampaikan oleh Ibu Dr. Umi Dayati. Beliau merupakan dosen yang terkenal dengan kelincahannya, bagaimana tidak diawal materi beliau mengajak warga semua untuk bersenandung bersama, tanpa meninggalkan materi pokoknya. Lalu, materi dilanjutkan oleh salah satu dosen UM juga, beliau adalah Ryan Singgih Prabowo, M.Si. Beliau adalah wirausahawan muda yang bergerak dibidang jasa, seperti public speaking, konseling, dan penyewaan barang-barang piknik.

“Semua berawal dari kegemaran saya di dunia traveling, saya merasa bahwa dengan menjalankan wirausha di bidang yang saya suka, saya juga merasa nyaman. Jadi, cari passion kalian dan manfaatkan passion itu untuk kehidupan kalian,” ujar wirausahawan yang telah berhasil membuka tiga jenis usaha ini.

Dialog interaktif berakhir tepat pada pukul 1 siang, dan ditutup dengan pengumuman juara lomba Dalang 2017. Segenap panitia berharap semoga acara dialog interaktif ini dapat bermanfaat, dan menjadikan warga Asrama UM seorang wirausahawan yang kreatif, inovatif, dan mampu bersaing di era ekonomi global. (ros)