Bakti Sosial Asrama Tumbuhkan Kepedulian Sesama

Bakti Sosial Asrama Tumbuhkan Kepedulian Sesama

Pelepasan Warga menuju tempat Bakti Sosial

Pelepasan Warga menuju tempat Bakti Sosial

Malang Kabupaten– Asrama Mahasiswa UM kembali merealisasikan program tahunan mereka, yaitu Bakti Sosial. Kegiatan tersebut diadakan di Dsn Garotan Ds Wajak Kab. Malang. Event sosial yang mengambil tema “Kesabaran dan Kemurahan Hati Berbagi Senyum untuk Negeri” diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4-5 Maret 2017.  Antusiasme warga asrama terlihat jelas saat mereka tiba di balai desa Wajak pagi itu.

Rentetan acara Bakti Sosial mulai terlaksana satu per satu. Warga asrama yang jumlahnya kurang lebih 300 warga tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok. Dari masing-masing kelompok tersebut langsung terjun di setiap kegiatan. Dihari pertama kegiatan meliputi CITATO (Cuci Tangan dan Tanam Toga) yang diikuti oleh siswa kelas lima SDN 2 dan SDN 4 Beringin. Bersamaan dengan CITATO adapula kegiatan Asrama Mengajar yang juga dilaksanakan di sekolah yang sama dengan sasaran yang berbeda yaitu kelas 1 dan 4. Dalam kegiatan Asrama Mengajar, pihak asrama bekerjasama dengan Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara cabang Malang Kota.

Dilain sekolah dengan waktu yang sama adapula kegiatan Pembuatan Mading dan Tanaman Hidroponik di SMP dan SMK Dharma Wanita Beringin.  Tak hanya bersama siswa/i Desa Beringin, warga Asrama juga terjun langsung bersama ibu-ibu PKK dan seluruh warga Ds. Beringin. Dalam kegiatan seperti Pengobatan Gratis, serta Stand Pembagian Baju dan Buku Layak Pakai. Serangkaian kegiatan ini sangat mendapat apresiasi positif dari pihak desa.

“Saya sangat senang telah mendapat kunjungan sosial dari mahasiswa Asrama UM, kepedulian mereka dapat menjadikan cerminan masa depan bangsa jika nantinya akan dipimpin oleh mereka,” ujar Bapak Gatot selaku sekdes Beringin.

Bukan sekadar itu saja, warga Asrama UM juga memberikan pelatihan dasar kepada warga Desa Beringin mengenai pembuatan pupuk kompos dengan bahan dasar daun-daun kering. Selain itu juga ada pelatihan BALIKAT (Batik Celup Ikat) yang menyita antusiasme ibu-ibu PKK Desa Beringin. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman dan keahlian baru yang bisa dikembangkan ke depannya. Sore harinya diadakan TPQ Mengajar di 3 TPQ berbeda sekaligus. Kegiatan ini berlangsung bersamaan dengan acara sarasehan bersama seluruh perangkat desa, warga Asrama, dan pihak universitas. Hal ini bertujuan untuk menyambung silaturahmi antara kedua belah pihak. Lalu dilanjutkan oleh siraman rohani.

Belum selesai sampai disitu, di hari kedua warga Asrama disibukkan oleh kegiatan senam pagi, pengecatan tong sampah, outbound, serta pembagian sembako keseluruh warga Desa Beringin yang telah terdaftar. Ekspresi lelah memang terlihat jelas, namun pengabdian dan niat mereka untuk menolong sesama jauh lebih besar. Melalui kegiatan ini, diharapkan warga Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang tak hanya memiliki kemampuan akademik yang tinggi, namun juga kepedulian terhadap lingkungan, dan sosial yang tinggi pula.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan Baksos 2017 yang padat dapat terlaksana dengan lancar. Semoga di tahun berikutnya, Baksos Asrama UM dapat lebih baik, dengan kegiatan yang lebih inovatif lagi,” ujar ketua pelaksana, Sulton Adhzim. (ros)

Bakti Sosial Asrama UM 2017