Kirap Peserta PKA 2017

Kirap Peserta PKA 2017

Malang- Setelah berhasil dengan kegiatan incidental sebelumnya maka Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang kembali mengadakan kegiatan incidental terakhirnya dalam setahun ini. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan terakhir ini merupakan kegiatan unjuk kreativitas antar warga. Kegiatan ini disebut Pekan Kreativitas Asrama (PKA) 2017. Dalam kegiatan ini warga benar-benar beradu kreativitas dari berbagai jenis bakat. Ada unjuk kemampuan akademik maupun non akademik.

Kegiatan ini diadakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 7 hingga 9 April 2017. Meskipun dilaksanakan selama 3 hari namun persiapan warga untuk 3 hari tersebut dapat dibilang sudah sejak sepekan sebelum acara. PKA tahun ini mengambil tema “ ‘Natura Concetta’ Realisasikan Kreativitas Tingkatkan Solidaritas Menuju Dunia Tak Terbatas”. Tema ini diambil karena beberapa alasan, selain agar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tapi juga diharapkan warga Asrama UM memiliki kemampuan berpikir global atau mendunia.

Hari pertama (7/4) Pekan Kreativitas Asrama 2017 dibuka oleh Bapak Syamsul Hadi selaku Wakil Rektor 3 UM. Di acara pembukaan ini beliau mengatakan bahwa pentingnya acara ini diadakan guna mengasah kreativitas sehingga tak hanya mahasiswa yang berkompeten dalam akademik saja, namun juga diseimbangkan dengan kemampuan non- akademiknya. Setelah pembukaan PKA dilanjutkan dengan lomba estafet untuk melatih kekompakan antar warga. Lalu malam harinya warga asrama kembali menunjukan kreativitasnya melalui acara Festri (Festival Astri) dan Astravaganza.

Hari kedua (8/4) tak kalah padat dari hari pertama. Mulai dari pagi warga telah disibukkan dengan lomba senam untuk warga asrama putri dan futsal untuk warga asrama putra. Lalu siang harinya dilanjutkan dengan perlombaan Cerdas Cermat Umum (CCU). Perlombaan ini mengasah pengetahuan warga asrama tentang berbagai hal, baik sosial, sains, budaya, IPTEK, dll.

Hari ketiga (9/4) merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Pekan Kreativitas Asrama 2017. Gebyar puncak ini dilaksanakan di Fakultas Sastra UM. Gebyar puncak dibuka dengan Asrama Fashion Carnival. Setiap delegasi RT menyumbangkan 1 warga untuk menjadi model dari kreasi kostum yang sudah mereka persiapkan sebelumnya, pastinya dengan tema Negara yang telah ditentukan. Lalu, dilanjutkan dengan jalan kreasi sekitar kampus. Dan ditutup dengan pentas seni serta pembagian hadiah. Pentas seni ini dimeriahkan oleh penampilan perwakilan Festri, Astravaganza, dan senam. Adapula penampilan angakatn 2015. Terakhir ditutup dengan penampilan panitia PKA 2017.

“Alhamdulillah, semoga kegiatan PKA ini bisa menjadi wadah bagi potensi warga asrama. Selain itu juga menjadi tempat mereka berekspresi, dan melepas sejenak penat sebelum UAS semester genap dimulai. Terimakasih kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini, Asramania…!” ungkap ketua pelaksana, Tatagraha Rahmanda dengan penuh semangat. (red

Pekan Kreatifitas Asrama UM 2017
Categories: Kegiatan